Detail Pasar

Pasar Rejowinangun
image image image
 

Pasar Rejowinangun

Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jalan Mataram Magelang

Kec/Kel : Magelang Selatan
Luas : 22 m²
Pasaran : 7 Hari
Pedagang : 3029 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional :
 

Pasar  Rejowinangun Magelang merupakan salah satu dari empat pasar tradisional yang berada di bawahpengelolaan Pemerintah Kota Magelang dalam hal ini menjadi kewenangan dari Dinas Pengelolaan Pasar Kota Magelang yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 4 Tahun 2008 tentang Susunan Kedudukan danTugas Pokok Organisasi Dinas  Daerah dan Peraturan Walikota Magelang Nomor 21 Tahun 2008 tentang PenjabaranTugas Pokok Fungsidan Rincian Pokok Fungsi dan Rincian Tugas Jabatan Struktural di lingkungan Daerah. 

Letak Pasar Rejowinangun Magelang sangat strategis yaitu di pusat kota Magelang yang tepatnya terletak di Kelurahan Rejowinangun Selatan,  Kecamatan Magelang  Selatan, Kota Magelang.  Luas Pasar Rejowinangun Magelang 24.435 m2 dan mempunyai beberapa fasilitas umum dan fasilitas penunjang dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Magelang.

Pasar Rejowinangun Magelang merupakan pasar harian dengan jam buka mulai pukul 05.00 WIB sampai jam 17.00 WIB  ( 24 jam ). Pasar Rejowinangun termasuk pasar heterogen yaitu menyediakan berbagai macam jenis dagangan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Kota Magelang maupun diluar Kota Magelang. Adapun jenis dagangan yang diperjual belikan beranekaragam mulaidari Pakaian/ Konveksi/Tekstil, Sembako/Kelontong/Grabatan, Sandal/Sepatu/Tas, Snack/Roti/Doos, Bolopecah, Jamu, Bumbon/Brambang/Bawang/Kentang, Tikar/Kasur/Goni, Abrak/Grabah/AlatDapur, GilinganDaging, Elektronik, Rombengan, Kemasan,AlatJahit/Penjahit, AlatPertanian, DagingSapi/Kambing/Ayam, IkanSegar,IkanAsin/ Garam, Sayuran/Bumbon, danKuliner.  Pedagang Pasar Rejowinangun Magelang berasal dari Kota Magelang dan Kabupaten Magelang serta dari wilayah sekitar yaitu Yogyakarta dan Temanggung, tetapimayoritas berasal dari Kabupaten Magelang sedangkan pembeli rata-rata berasal dari wilayah Kota  dan Kabupaten Magelang.

Bangunan pasar yang berdiri saat ini merupakan pembangunan kembali pasar tradisional Rejowinangun Magelang yang terbakar 26 Juni 2008 silam yaitu dibangun kembali pada tahun 2011 dengan sumber dana investasi untuk bangunan kios, dana APBD Kota Magelanguntuk los dan dana bantuan Tugas Pembantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia untuk los kuliner, lesehan sayuran dan ruang publik.

Pasar  Rejowinangun saat ini masih dalam tahap penyempurnaan penataan pedagang, yang menjadi prioritas  penataan atau penertiban adalah pedagang lesehan yang saat ini menempati lokasi  terlarang ( area parkir ) hal ini disebabkan karenajumlahpedaganglesehan yang adamelebihikuotatempatdasaranlesehan (overload). Untuk mengatasi hal  tersebut   tahun 2015  Pemerintah Kota Magelang merencanakan akanmenambahbangunan yang diprioritaskan  untuk pedagang lesehan  yang selama ini menempati tempat terlarang. 

Pasa rRejowinangun Magelang memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Magelang yaitu dari retribusi pelayanan pasar. Hal ini berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang  Nomo 17 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umumpasal 3 point f. Retribusi Pelayanan Pasar. Target  pendapatan Pasar Rejowinangun Magelang tahun 2014 Rp.  591.960.000,00 ( Lima ratussembilanpuluhsatujutasembilanratusenampuluhribu rupiah ), dan realisasi sampai bulan Oktober 2014 mencapaiRp. 499.541.500,00 ( Empat ratus Sembilan puluh Sembilan juta lima ratus empat puluh satu ribu lima ratus rupiah ) atau sebesar 84,39 %.

Struktur Organisasi UPTD Pasar Rejowinangun Magelang terdiri dari Kepala UPTD, Kasubag.  Tata Usaha, Koordinator Pendataan Pedagang, Koordinator  Pendapatan, Koordinator Kebersihan, Koordinator Keamanan, Petugas Pendataan Pedagang, Petugas Penarik Retribusi, Petugas Kebersihan, Petugas Keamanan, dan ada jabatan fungsional kegiatanyaitu Bendahara Penerimaan Pembantu UPTD dan Pengurus Barang Pembantu UPTD.

 

Harapan kami semoga dengan adanya profil Pasar Rejowinangun Magelang ini dapat menggugah pembaca dan masyarakat serta pelaku pasar tradisional untuk turut berpartisi pasi secara aktif dalam mengembangkan dan melestarikan pasar tradisional.

 

Peta Pasar

Pasar Terkait

Pasar Kebonpolo

Pasar Kebonpolo
Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jl. Urip Sumohardjo No. 511 Magelang

Kec/Kel : Magelang Utara
Luas : 6 m²
Pasaran : Harian
Pedagang : 535 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional : 06.00 - 17.00
 

Pasar Gotong Royong

Pasar Gotong Royong
Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jl. Beringin  IV Kel. Tidar Selatan.

Kec. Magelang Selatan. Kota Magelang.

Kec/Kel : Magelang Selatan
Luas : 16155 m²
Pasaran : Pasar buka 24 jam.
Pedagang : 1120 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional :
 

Pasar Cacaban

Pasar Cacaban
Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jl. Kyai Mojo no. 25 Magelang

Kec/Kel : Magelang Tengah
Luas : 1 m²
Pasaran : Setiap hari
Pedagang : 149 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional : 06.00 - 17.00
 

Social networks

image image image image

Kontak Kami

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No.285 Kota Magelang
Telp : (0293) 362015
Faks : (0293) 36201
Hp : -
Email : disperindagkotamgl@gmail.com
Map

Statistik

image Jumlah Pengunjung : 5701
image Pengunjung Hari Ini : 9
image Pengunjung Online : 3