Detail Pasar

Pasar Kebonpolo
image image
 

Pasar Kebonpolo

Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jl. Urip Sumohardjo No. 511 Magelang

Kec/Kel : Magelang Utara
Luas : 6 m²
Pasaran : Harian
Pedagang : 535 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional : 06.00 - 17.00
 

Pasar Tradisional Kebonpolo merupakan salah satu dari empat pasar tradisional yang berada di bawah pengelolaan pemerintah kota magelang dalam hal ini menjadi kewenangan dari Dinas pengelolaan Pasar Kota Magelang yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 4 tahun 2008 tentang susunan kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Dinas Daerah dan Peraturan Walikota Magelang Nomor 21 tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas Poko Fungsi dan Rincian tugas Pokok Fungsi dan Rincian Tugas Jabatan Struktural di lingkungan Dinas Daerah.

Letak Pasar Kebonpolo sangat strategis karena terletak di wilayah tengah Kota Magelang dan dihimpit oleh dua wilayah kecamatan di Kabupaten Magelang dengan kemudahan akses pengunjung melalui kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Disamping letak yang strategis juga ditunjang oleh sarana dan prasarana pasar mulai dari bangunan pasar yang terdiri dari dua lantai, tempat parkir yang sangat reprentatif, MCK, penghijauan pohon peneduhdi lingkungan pasar, tempat ibadah, kursi tunggu pengunjung, papan petunjuk arah, papan informasi, pos pelayanan kesehatan, tempat cuci tangan, sampai dengan fasilitas lain seperti tempat penampungan sampah dan alat-alat pendukungnya yang tentunya untuk mendukung terciptanya keamanan dan kenyamanan berbelanja di Pasar Kebonpolo.

Pasar Kebonpolo terletak di Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, letaknya yang strategis di pinggir jalan raya Magelang-Semarang tepatnya di Jl. Urip Sumohardjo No.511 membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi pedagang maupun pembeli setiap harinya. Dengan luas 5645 M2 pasar ini mempunyai beberapa fasilitas umum dan penunjang dalam rangka mendukung gerak pertumbuhan ekonomi Kota Magelang.

Pasar Kebonpolo merupakan pasar harian dengan jam buka mulai pukul 06.00 WIB sampai jam 17.00 WIB. Jenis dagangan yang diperjual belikan beraneka ragam mulai dari sembako, buah-buahan, sayur mayur, grabatan, kelontong,emas, pakan ternak, alat listrik, ikan, daging, serta aneka snack dan kuliner. Pedagang yang berjualan berasal dari Pakis, Kaliangkrik, Tegalrejo, Ngablak, Temanggung dan juga ada yang berasal dari Ambarawa,sedangkan pembeli rata-rata berasal dari wilayah Kota dan Kabupaten Magelang.

Bangunan pasar yang berdiri saat ini merupakan hasil dari pembangunan kembali pasar tradisional Kebonpolo yang dilaksanakan pada tahun 2001 dan diresmikan tahun 2002 hal tersebut dilatar belakangi dengan terjadinya musibah kebakaran pada tahun 2000 yang meluluh lantakan seluruh bangunan beserta komoditas dagangan di Pasar Kebonpolo.

Seiring dengan berjalannya waktu keberadaan Pasar Kebonpolo menunjukkan eksistensinya baik dilihat dari sisi pengelola maupun aktivitas yang berjalan didalam pasar dari tahun ke tahun selalu meningkat. Salah satu tolok ukur dari eksistensi paasar kebonpolo bisa dilihat dari aspek pendapatan pasar dimana pada tahun 2014 sesuai dengan data bahwa perencanaan target pendapatan selama 1 tahun sebesar Rp. 152.739.000,- sampai bulan September sudah dapat mencapai Rp. 140.527.700,-.atau sebesar 92.01%. Pendapatan Pasar Kebonpolo memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota magelang yang terdiri dari retribusi jasa umum dan retribusi jasa usaha. Retribusi jasa umum meliputi Pelayanan Pasar dan MCK yang dalam pelaksanaanya diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2000 tentang retribusi pasar. Bukan hanya dari sisi pendapatan yang dapat memberikan konribusi kepada Pemerintah Daerah akan tetapi dari sisi kebersihan, keamanan, ketertiban dan kenyamanan pasar telah berhasil memberikan sumbangan nilai yang sangat tinggi terhadap penilaian ADIPURA sebagai penghargaan yang tertinggi dalam bidang kebersihann dan mewakili Kota Magelang dalam mengikuti Lomba Pasar Tradisional Tingkat Provinsi. Kebersihan tersebut juga tidak terlepas dari sistem pengelolaan dari Dinas Pengelolaan Pasar Kota Magelang yang ditangkap dan diterjemahkan dilapangan oleh UPTD Pasar Kebonpolo. Dalam Struktur Organisasi Pasar kebonpolo terdiri dari Kepala UPTD, Ka Sub Bag TU, Pengurus barang, Bendahara Penerimaan, Penarik retribusi, Petugas kebersihan dan Penjaga malam.

Harapan kami semoga dengan adanya profil Pasar kebonpolo yang memiliki visi “ Belanja Sambil Berwisata” ini dapat menggugah pembaca dan masyarakat serta pelaku pasar tradisional untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam mengembangkan dan melestarikan pasar tradisional.

Peta Pasar

Pasar Terkait

Pasar Rejowinangun

Pasar Rejowinangun
Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jalan Mataram Magelang

Kec/Kel : Magelang Selatan
Luas : 22 m²
Pasaran : 7 Hari
Pedagang : 3029 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional :
 

Pasar Gotong Royong

Pasar Gotong Royong
Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jl. Beringin  IV Kel. Tidar Selatan.

Kec. Magelang Selatan. Kota Magelang.

Kec/Kel : Magelang Selatan
Luas : 16155 m²
Pasaran : Pasar buka 24 jam.
Pedagang : 1120 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional :
 

Pasar Cacaban

Pasar Cacaban
Kelompok :

UPT Pelayanan Pasar Kelompok I

Alamat :

Jl. Kyai Mojo no. 25 Magelang

Kec/Kel : Magelang Tengah
Luas : 1 m²
Pasaran : Setiap hari
Pedagang : 149 Orang
Komoditas Unggulan : 0
Jam Operasional : 06.00 - 17.00
 

Social networks

image image image image

Kontak Kami

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No.285 Kota Magelang
Telp : (0293) 362015
Faks : (0293) 36201
Hp : -
Email : disperindagkotamgl@gmail.com
Map

Statistik

image Jumlah Pengunjung : 5701
image Pengunjung Hari Ini : 9
image Pengunjung Online : 3